Transisi Anak Dari TK Ke SD, Apa Saja Yang Perlu Dicermati?

 


| Penulis: Nugraheni Wahyu Lestari

Hari-hari pertama anak menjadi murid kelas 1 SD merupakan pengalaman yang sarat dengan cerita seru. Wajah anak terlihat bangga memakai seragam yang baru tapi juga cemas karena mereka akan bertemu dengan guru dan teman-teman yang baru serta pastinya dengan lingkungan yang baru.

Tidak semua anak merasa siap sebagai murid kelas 1, beberapa sudah lancar membaca dan menulis namun tidak berarti hal ini menjamin anak bisa melewati masa-masa penyesuaian diri di kelas 1 dengan mulus. Ada banyak hal baru dan berbeda dari TK yang akan mereka temui di sekolah dasar.

Ada masa-masa penyesuaian diri yang harus dilalui sebelum murid-murid kecil ini benar-benar jadi anak besar di SD. Lalu, apa saja masalah yang mungkin anak akan hadapi dan apa saja yang harus dicermati?

Tipe Perubahan Mendasar Anak

Terdapat dua tipe perubahan mendasar anak-anak dalam masa transisi dari TK ke SD:

Pertama adalah merasa takut karena baru pertama kali bertemu dengan guru menyebabkan perasaan enggan untuk masuk ke lingkungan sekolah. 

Kedua adalah aktif, sangat antusias saat bertemu dengan orang-orang baru.

Hal-hal yang perlu dicermati oleh orangtua untuk menyiapkan putra/putrinya supaya siap masuk ke kelas 1 adalah sebagai berikut:

  • Sounding anak

Sounding adalah sebuah perilaku yang bisa kita biasakan ke anak-anakuntuk mempersiapkan mereka bahwa ada jenjang baru yang harus mereka lalui setelah TK yaitu SD. Dengan memberikan gambaranmengenai situasi di SD.

  • Menciptakan suasana yang menyenangkan

Orangtua bisa bekerja sama dengan guru kelas 1 untuk memberikan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak dalam masa transisi ini. Suasana yang menyenangkan dapat membantu anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

  • Memberikan semangat

Support system terbaik anak dalam melewati masa transisi ini adalah orangtua. Sebaiknya kita memberikan semangat dan kata-kata positif yang dapat menjadi motivasi anak memasuki dunia SD.

  • Menurunkan ekspektasi

Ekspektasi Bisa Menjadi Beban

Sebagai orangtua, kita memiliki ekspektasi-ekspektasi tertentu kepada anak, misalnya anak tidak boleh menangis, harus duduk manis pada hari-hari pertama masuk sekolah. 

Ekspektasi tersebut jangan sampai menjadi beban bagi anak dan biarlah anak menjalanin proses transisi tersebut dengan menyenangkan.

Peran orangtua yang tepat dapat membantu anak melewati masa transisi dari TK ke SD dengan baik. Untuk itu kita sebagai orangtua juga perlu mempersiapkan diri kita dalam mendampingi putra/putri melewati masa transisi dan proses di dalamnya. 

Tetap semangat untuk seluruh orangtua kelas 1, dalam minggu depan kita akan membantu putra/putri kita melewati satu langkah baru dalam hidup mereka.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url