Masri Sareb Putra Terima Iban Prize dalam Iban Summit II Tahun 2023


Sekadau, PuthirNews.com
– Seminar dan Iban Summit II baru saja usai namun menyisakan banyak cerita. Salah satu yang menarik berkaitan dengan Iban Prize 2023. Masri Sareb Putra merupakan salah satu sosokyang menerima penghargaan tersebut.

Bukan hal yang mengejutkan jika melihat sepak terjang putra Jangkang ini terutama dalam meneliti tentang Dayak. Suku Dayak Iban mendapat perhatian khusus dalam penelitiannya. Masri begitu sapaan akrabnya memang layak menerima penghargaan ini.

Masri sendiri merasa belum layak menerima penghargaan ini walaupun begitu ia sungguh bersyukur dan berterima kasih atas anugerah ini. Hal tersebut terungkap dari pesan yang beliau sampaikan lewat WhatsApp (Minggu, 26/03/2023; Pkl. 10.28):

“IBAN PRIZE 2023 Terima kasih kepada Gerakan CU Keling Kumang, atas award yang diberikan kepada saya pada Hari Raya Kabar Sukacita (25/01-2023). Meski belum banyak yang saya berikan, rasanya, sungguh ini suatu anugerah yang luar biasa sekaligus membanggakan. Saya masih exited, sehingga belum tahu bagaimana cara membalas karunia sebesar ini, kecuali menjaga marwah dan menambah kehormatan serta kemuliaan suku bangsa Iban. Prize ini tak-terduga. Dan sama sekali tidak diniatkan, manakala melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan. Tapi ujud pengakuan orang (lain) atas kecintaan, sekaligus passion, pada Literasi Iban. Saya (hanya) memindahkan tacit knowledge ke dalam explicitknowledge, berupa dokumen tertulis yang sistematis dan metodis, serta koheren. Jika demikian, apakah yang menjadi jasa saya? Kecuali berkanjang pada bidang dan mencintai profesi sebagai peneliti dan penulis?”

Seminar dan Iban Summit II yang berlangsung dari tanggal 24-25 Maret2023 dan digelar di Balai Ladja Tapang Sambas, Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url