Menemukan Inspirasi dari Sosok Arbain Rambey



Arbain Rambey, sosok yang sudah tidak asing dalam dunia fotografi. Salah satu fotografer senior di Kompas. Telah memiliki segudang pengalaman dalam dunia fotografi. Selama ini hanya bisa mendengar atau menontonnya dalam channel-channel yang membahas fotografi. 

Hingga sebuah kesempatan telah membuatku bertemu dengan sosok yang terkenal ini. Iya, pertemuanku dengan beliau pertama kali terjadi saat kami bersama-sama tergabung dalam Batu Ruyud Writing Camp pada tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, kami satu kamar saat menginap di Malinau. Hampir sepanjang malam kami berbagi cerita, apalagi dalam kamar yang sama ada Master Masri Sareb Putra. Salah satu kawan beliau di Kompas Gramedia sebagai sesama alumni Kompas. Mereka berbagi cerita. 

Saya mendengar banyak hal tentang pengalaman mereka, khususnya Pak Arbain sebagai seorang fotografer. mulai dari dia berkarir di Kompas hingga melanglang buana memotret banyak tempat dan banyak momen bersejarah, baik nasional maupun internasional.

Inspirasi dari Pengalaman Berkeliling dan Memotret

Sungguh, pertemuan yang langka, salah satu kesempatan yang sangat istimewa buat saya. Ya, ternyata Pak Arbain atau Master Arbain begitu saya menyebutnya. Seorang yang humoris, suka bercerita, apalagi pengalamannya berkeliling ke berbagai daerah, bahkan tempat-tempat yang cukup ekstrim. 

Berjumpa dengan banyak suku bangsa, budaya, sehingga membuatnya memiliki pengalaman kekayaan pengetahuan dari berbagai budaya. Ada cerita-cerita unik yang didapatnya menjadi kisah-kisah yang membuat kami terinspirasi. Terutama penjelajahan beliau di pelosok tanah air Indonesia yang begitu kaya beragam adat budaya, bahasa, kebiasaan, keragaman yang sungguh luar biasa. 

Hanya mendengar dari kisah Pak Arbain saja dapat dibayangkan betapa kita sebagai sebuah bangsa yang besar memiliki kekayaan budaya yang tak ternilai. Banyak cerita-cerita yang lucu dan unik. 

Cara master Arbain bercerita sangat khas suaranya, bahasa tubuhnya, lengkap dengan gelak tawanya. Itulah sisi lain yang bisa saya lihat dari sosok fotografer ternama di Indonesia.

Pada kesempatan itu pula, saya menimba ilmu sedikit ketika mendengarkan beliau memberikan materi tentang fotografi kepada wartawan di Malinau. Saat itu, dia meminta saya menjadi operator slide power pointnya. 

Pelajaran dari Master Fotografi

Sembari melaksanakan tugas dari beliau, saya mendengar materi tentang fotografi, sungguh menarik. Fotografi tidak sekedar memotret, tetapi pesan yang dibawa dari sebuah hasil jepretan, itulah yang menjadikan hasil foto itu bernilai. 

Di zaman sekarang alat bukan menjadi hal penting untuk menghasilkan foto yang punya nilai. Di era sekarang kamera sudah ada tangan setiap orang pengguna smartphone. Cukup gunakan fasilitas kamera di smartphone sudah cukup. Yang paling penting adalah mengambil foto itu dan menemukan pesan terbaik daripada foto itu.

Jadi, dibutuhkan angle dan kecermatan untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik. Hasil dari foto itu dapat menceritakan sesuatu, menyampaikan pesan, bahkan pesan itu bisa negatif maupun positif, tergantung bagaimana menyampaikannya lewat foto yang dihasilkan.

Pengetahuan tentang fotografi ini sangat penting, terutama buat para penulis di masa kini. Bagi yang biasa menulis di blog-blog tentu membutuhkan minimal satu foto sebagai ilustrasi. Oleh karena itu, materi yang disampaikan oleh Master Arbain itu sungguh sangat berharga.

Ternyata bukan alat yang menentukan hsail foto. Foto juga sebagai alat penyampai pesan sebagai media menyampaikan pesan kepada khalayak. Oleh karena itu, mengambil foto dengan alat sederhana pun tidak menjadi persoalan. Karena yang utama adalah pesan yang disampaikan lewat foto itu. 

Kesan dan Kenangan

Nah, kira-kira itu sedikit yang saya tangkap dari apa yang disampaikan oleh Master Arbain. Tentu saja, sangat bersyukur bisa bertemu dengan beliau, bahkan berbincang, dan berdiskusi. Kesempatan menikmati cerita-cerita beliau dan pengalaman-pengalaman beliau selama memotret di berbagai daerah. 

Kesempatan yang tidak datang dua kali. Bahkan saya dapat kesempatan difoto oleh beliau. Suatu momen yang sungguh menarik dan sangat berkesan, dipotret oleh Master fotografi Indonesia. Sekali lagi, saya bersyukur punya kesempatan bisa ketemu salah satu master fotografi Indonesia, Arbain Rambey.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url