Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA: Keterampilan Menulis Berita

 


PuhtirNews.com - Hari ini pertemuan pertama ekstrakurikuler jurnalistik SMAS 2 Kalam Kudus Jakarta untuk tahun pelajaran 2023-2024. Ekstrakurikuler diikuti 12 murid dari kelas 10 dan 11. Semangat jurnalisme berkobar di ruang perpustakaan tempat pertemuan kami.

Murid-murid yang bergabung nampak antusias untuk menerima materi hari ini. Setelah pembukaan singkat, tanpa membuang waktu topik materi kali ini kemampuan menulis berita yang informatif dan menarik serta fokus peristiwa dan lokasi di Sekolah Kristen Kalam Kudus Jakarta unit Kosambi Baru.

Tak Sekadar Menuliskan Fakta

Menulis berita secara sederhana hanya menuliskan fakta-fakta sebuah peristiwa namun nyatanya bukan tugas yang sederhana. Perlu keahlian merangkai kata-kata dengan pilihan diksi yang tepat. Perlu menggali informasi yang mendalam dan kemampuan memilih fakta-fakta yang relevan pada peristiwa yang diamati. Murid-murid perlu memahami tujuan jurnalisme adalah memberikan informasi yang objektif dan akurat.

Event Sekolah Jadi Fokus Pemberitaan

Materi kali ini fokus pada usaha menggali berita dari sebuah event open house. Apa saja yang akan ditulis dalam berita? Untuk memilih fakta data pertama yang harus dimiliki seorang jurnalis adalah susunan acara. Momen-momen seperti opening, kata sambutan, hingga pengisi acara atau performance menjadi sudut perhatian untuk di tulis. Fakta-fakta sederhana itu akan mudah dicerna oleh pembaca.

Keterampilan Posting

Berita yang ditulis akan dipublikasi melalui media website sekolah, oleh karena itu murid-murid dibekali dengan keterampilan memposting melalui akun masing-masing dan editing sederhana menggunakan tool yang tersedia dalam menu post.

Membentuk Opini Publik

Murid-murid yang telah bergabung dalam tim jurnalistik SMAS 2 Kalam Kudus Jakarta mendapat apresiasi yang luar biasa karena penuh semangat dan dedikasi untuk mengasah keterampilan menulis terutama menulis berita. Peran jurnalisme dalam membentuk opini publik membutuhkan orang-orang yang berdedikasi. 

Murid-murid ini sudah mengambil langkah yang baik untuk menjadi bagian yang membentuk opini publik di masa depan. Dunia semakin berkembang dan mereka akan menghadapi dunia yang dijejali dengan informasi tiada henti.

Sajikan Kisah Bermakna

Dalam ekstrakurikuler jurnalistik, murid-murid tak sekadar belajar menulis berita, tetapi juga bertanggung jawab atas dampak dari tulisan mereka. Sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat murid-murid dapat menyajikan kisah-kisah yang bermakna dan berharga.

Murid-murid penuh semangat mengikuti sesi ini, namun apa mau dikata waktu harus memisahkan. Pertemuan hari ini berakhir namun semangat terus dijaga dan siap untuk melangkah mengerjakan tugas sebagai jurnalis dalam event open house sekolah.

Karya-karya kalian dinanti, siap untuk dinikmati jadi informasi yang berharga dan bermakna. Lebih dari itu membangun citra positif tentang sekolah. Semoga melalui informasi yang kalian sajikan mampu menarik perhatian orang tua menyekolahkan anaknya di sekolah ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url