Lie Martina: Penggagas Komunitas Bumi Menulis, Sosok Multi Talenta



Lie Martina, atau yang lebih akrab kami panggil Tiina Lie, merupakan salah satu sosok inspiratif dari Kalimantan Barat. Ia yang telah menciptakan jejak penting dalam dunia literasi. 

Sosoknya pertama kali saya tahu dari Master Masri Sari Putra, seorang mentor menulis. Bersama master Masri kami kemudian terlibat dalam berbagai kegiatan literasi. Baik secara virtual maupun dalam diskusi tatap muka. Tiina bukan hanya seorang penulis yang berbakat, tetapi juga seorang pegiat komunitas literasi yang berdedikasi.

Gerakan Literasi: Bumi Menulis

Tiina Lie telah berhasil membangun komunitas literasi yang bernama "Bumi Menulis" di perbatasan Kalimantan Barat. Komunitas ini tidak hanya terdiri dari anggota lokal, tetapi juga melibatkan individu dari luar negeri. 

Komunitas ini secara rutin mengadakan kegiatan literasi, baik secara virtual maupun offline. Tidak hanya mengangkat topik-topik menarik seputar literasi, tetapi juga berbagi pengalaman dan pelatihan menulis.

Multi talenta

Sosok yang dianugrahi paras yang cantik dan dibalik kecantiknya nyatanya sosok yang multi talenta. Buktinya, selain sebagai seorang penulis, penggagas dan pegiat komunitas literasi, Tiina Lie juga adalah sosok yang memiliki banyak talenta. 

Dia mahir membuat kue-kue lezat, benyanyi, dan bermain musik. Memiliki suara yang merdu karenanya Tiina sering tampil menyenyi. 

Kehadirannya memberi inspirasi melalui tulisan-tulisan dan menghasilkan karya lainnya, lagu, musik, dan kuliner.

Menebar Semangat Literasi

Tiina Lie dan komunitasnya secara aktif terlibat dalam kegiatan literasi di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Bumi menulis adalah komunitas yang mengutamakan semangat untuk membagikan dan mendorong minat membaca dan menulis di semua kalangan masyarakat. 

Maka tak mengherankan jejak perjuangan Tiina sebagai seorang penggiat literasi di perbatasan telah mencuri perhatian media nasional.

Dibalik Paras Cantik, Suara dan Kue Manisnya

Tiina Lie adalah contoh nyata bahwa kebaikan dan inspirasi bisa datang dari mana saja. Dibalik suaranya yang merdu dan kelezatan kue-kue buatannya, terdapat semangat dan dedikasi untuk membangun dunia literasi. Lebih lagi kegiatan itu dikhususkan bagi anak-anak di wilayah perbatasan. 

Tiina terus mengukir sejarah dalam dunia literasi bersama komunitas Bumi Menulis. Selamat ulang tahun sukses dalam menggapai cita-cita dan terus nyalakan api literasi di perbatasan. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url