Cara Efektif Belajar Di Era Digital


Dunia kita berada dalam era digital yang terus berkembang. Dampak era ini salah satunya adalah soal paradigma pembelajaran. Akses terhadap pengetahuan mengalami perubahan yang signifikan.

Dulu, akses terhadap pengetahuan dalam pembelajaran berpusat pada Guru dan Perpustakaan. Kini, tidak demikian anak muda dapat mengakses pengetahuan melalui internet.

Internet Menghadirkan Era Digital

Internet telah menghadirkan era digital dan telah mengubah cara kita belajar. Sumber-sumber pengetahuan dan informasi tersedia dalam bentuk buku digital.

Tanpa guru seseorang bisa menguasai pengetahuan bahkan teknologi. Asalkan rajin memanfaatkan sumber pengetahuan dan informasi yang disediakan secara digital

Segala macam informasi dapat diakses dalam bentuk e-book dan dapat ditemukan mudah di dunia maya. Salah satunya e-book yang disediakan di google book. Dan masih banyak lagi platform digital lainnya yang menyediakan e-book dan audio visual.

Buku dalam bentuk digital dapat dimiliki secara gratis, cukup didownload dalam bentuk PDF atau bentuk lainnya.

Orang dapat belajar melalui YouTube, audio book membaca buku dengan cara mendengarkan. Cara yang tak ditemui pada era sebelumnya. Kini belajar jadi lebih mudah.

Tak Perlu Guru

Jika pencapaian hanya sampai pada pengetahuan rasanya tak perlu guru, siapa pun kini bisa. Dunia maya dengan materi digitalnya menyediakan segala macam topik yang dapat dipelajari. Mulai dari sejarah dunia hingga ilmu pengetahuan mutakhir.

Seseorang dapat menguasai berbagai bidang pengetahuan tanpa harus bergantung pada satu sumber.

Pengetahuan tak lagi untuk kalangan menengah ke atas. Siapa pun kini dapat mengakses pengetahuan dengan mudah.

Internet dan Dunia Maya Kian Tak Terpisahkan dari Aktivitas Manusia

Kini, hidup manusia dalam dua dunia yang saling berdampingan, tak terpisahkan. Dunia nyata dan dunia maya. Itu terjadi karena internet sudah menjadi kebutuhan.

Internet menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hidup menjadi lebih efektif dan produktif.

Jadi kesempatan untuk sukses terbuka bagi semua orang. Berapa kisah kita dengar, seseorang sukses hanya belajar dari Youtube.

Kesempatan Menciptakan Inovasi

Belajar dari internet membuka pintu untuk menciptakan hal-hal baru. Bahkan hal-hal yang sebelumnya dianggap mustahil.

Para sarjana telah menciptakan inovasi dan produk yang mengubah dunia berkat belajar dari internet. Belajar melalui tutorial online dan meniru keberhasilan orang lain.

Sekalipun peluang untuk sukses sangat besar. Tetapi kemudahan mengakses pengetahuan dan informasi dapat menjadikan orang malas belajar.

Semua informasi sudah tersedia jadi tak perlu berusaha dan belajar dengan giat. Merasa cukup tahu, dan semua bisa dicari dengan mudah diinternet.

Kebanyakan orang tak mampu memanfaatkan dan mengolah pengetahuan untuk menjadi suatu produk yang kreatif dan inovatif. Ini hambatan yang dialami sebagian besar anak muda masa kini.

Oleh karena itu, akses terhadap informasi hanya menjadi bermanfaat kalau ada tekad yang kuat.

Sumber Digital Hanya Alat

Secara prinsip, belajar memang memerlukan disiplin, ketekunan, dan kerja keras. Perlu diingat bahwa sumber-sumber online dalam bentuk digital hanya alat.

Era digital dapat mengubah cara menggali pengetahuan dan informasi. Guru dan perpustakaan bisa sedikit dikesampingkan. Belajar menjadi lebih efektif.

Semua orang, tanpa terkecuali, memiliki kesempatan untuk memperluas pengetahuan melalui sarana digital.

Pengetahuan adalah kunci menuju kemajuan. Kesempatan yang tak boleh disia-siakan. Ubah cara belajar dengan memanfaatkan sumber-sumberyang tersedia di internet, khususnya sumber digital.

Jadi cara efektif belajar di era digital adalah memanfaatkan e-book, audiobook, video pembelajaran, YouTube, dan sumber online lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url