Trauma Healing Untuk Anak-Anak Korban Bencana


| Penulis: Ezra Agus K

Pasca gempa yang menghantam Kabupaten Cianjur beberapa waktulalu. Anak- anak masih mengalami trauma karena gempa susulanmasih sering terjadi.

Di beberapa tempat terdapat bangunan sekolah yang mengalamikerusakan parah sehingga tidak dapat dilakukan proses belajarmengajar.

Efek yang timbul bagi anak-anak pasca gempa ini bukan hanyaketakutan akan datangnya bencana lagi di kemudian hari saja. Anak-anak tidak bisa belajar karena sekolah mereka rusak sehingga waktubelajar menjadi terganggu.

Kedatangan relawan yang membantu menangani trauma healing akansangat membantu mereka. Umumnya kegiatan yang dikerjakan bagianak-anak korban gempa yakni game, menemani mereka bermain danbelajar.

Anak-anak membutuhkan pendampingan khusus karena orang tuasibuk untuk mengurusi tempat tinggal yang rusak atau pemulihanekonomi keluarga yang terganggu akibat bencana.

Anak-anak merupakan aset bagi masa depan bukan hanya bagidaerah setempat tetapi bangsa dan negara sehingga mereka perludikuatkan mental agar mampu menghadapi situasi sulit yang harusmereka alami.

Kehadiran relawan diharapkan dapat membantu mengurangi bebantrauma yang mereka alami.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url