4 Upaya Pemerintah Tingkatkan Profesionalisme Pendidik



Pemerintah berupaya meningkatkan mutu dan kompetensi guru untuk memastikan kualitas pendidikan. Beberapa langkah telah diambil pemerintah dengan tujuan meningkatkan kualifikasi, keterampilan, dan profesionalisme para pendidik. 

Langkah-langkah itu mencakup berbagai inisiatif mulai dari penyusunan kurikulum hingga menyediakan platforma belajar dan berbagi ilmu bagi pendidik. Setidaknya lima langkah berikut telah dilakukan pemeritah. 

Perubahan Kurikulum

Pemerintah Indonesia telah lama berupaya meningkatkan profesionalisme pendidik. Salah pendekatan utamanya dengan perubahan kurikulum.

Indonesia telah beberapa kali mengalami pergantian kurikulum namun masih memberikan dampak maksimal bagi mutu pendidikan. Malah muncul jargon di masyarakat "ganti menteri, ganti kurikulum". 

Perubahan kurikulum nyatanya menimbulkan fenomena dan menciptakan tantangan tersendiri dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Sebenarnya perubahan kurikulum merupakan respons pemerintah terhadap dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lebih lagi, tuntutan kebutuhan akan kompetensi yang relevan bagi peserta didik di era kini.

Perubahan yang tidak konsisten mungkin menjadi pergolakan dan ketidakmatangan pendidik dalam mengimplementasikan perubahan kurikulum. Karena belum juga satu kurikulum dikuasai sudah muncul kurikulum baru. 

Bagaimana pun juga upaya pemerintah ini harus diapresiasi. Karena tentu saja dalam penyusunan sebuah kurikulum telah melibatkan banyak pihak. Mulai dari akademisi, praktisi pendidikan, hingga masyarakat luas.

Pemerintah masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki sistem pendidikan dengan pendekatan kurikulum.  Namun perlu pendekatan yang terencana dan berkelanjutan. Idealnya perubahan kurikulum seharusnya menjadi strategi dalam meningkatkan profesionalisme pendidik. 

Pendidik Linier dengan bidang keilmuannya

Dalam meningkatkan profesionalisme pendidik Pemerintah menerapkan aturan bahwa setiap pendidik harus linier dengan bidang keilmuannya. Ini suatu langkah krusial dengan perspektif bahwa keahlian dalam bidang tertentu adalah kunci untuk memberikan pendidikan berkualitas. 

Setiap pendidik harus linier dengan bidang keilmuannya upaya memastikan pendidik memiliki penguasaan mata pelajaran.

Misalnya, seorang guru matematika akan memiliki pengetahuan yang lebih komprehensif tentang konsep matematika dan metode pengajaran yang efektif dalam mengajarkannya.

Langkah ini juga mengurangi kecenderungan penyebaran guru di berbagai mata pelajaran tanpa spesialisasi yang cukup. Guru fokus pada bidang keilmuannya supaya meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas. Bahkan akan mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran tertentu.

Penerapan aturan ini akan memberikan kesempatan bagi guru untuk terus mengembangkan keahlian sesuai bidangnya. Guru perlu terus memperbarui pengetahuan dan mengadopsi praktik terbaik dalam pengajaran. Melalui pelatihan dan pengembangan profesional yang disesuaikan dengan spesialisasi.

Sertifikasi bagi Guru

Sertifikasi merupakan salah satu instrumen penilaian kompetensi guru dalam melaksanakan tugas pendidikan. Proses sertifikasi memastikan bahwa guru memiliki kualifikasi yang memadai dan mampu mengajar sesuai dengan standar.

Guru diuji pengetahuan dan keterampilannya dalam mengajar. Proses ini juga memberikan pengakuan atas kualitas kerja guru dan mendorong peningkatan kinerja.

Sertifikasi juga dapat meningkatkan profesionalisme guru. Dengan begitu, guru memiliki motivasi lebih untuk terlibat dalam pengembangan profesional dan peningkatan kompetensi. Guru juga dianggap lebih kredibel dalam mata pelajaran yang diampu.

Lepas dari proses pelaksanaan sertifikasi harus adil dan trasnparan. Proses sertifikasi harus didasarkan pada standar yang jelas dan objektif.  Setiap guru harus dijamin memiliki kesempatan yang sama dalam mengikuti proses tersebut.

Platform Belajar Guru 

Pemerintah melalui kementerian pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas guru juga menyediakan platform digital. Dua diantara adalah Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Awan Penggerak. 

Platform digital dapat menjangkau lebih banyak guru untuk berkesempatan mengembangkan profesionalismenya. 

Platform ini menyediakan berbagai sumber daya dan pelatihan serta antar guru dapat berbagi pengalaman. Platform dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru dalam mengajar. 

Guru dapat mengakses materi pelatihan, sumber belajar, dan kolaborasi dengan sesama guru. Selain itu, guru juga dapat mengikuti kursus online dan webinar untuk memperdalam pemahaman tentang berbagai aspek pendidikan.

Platform belajar guru juga memfasilitasi pertukaran pengalaman dan praktik terbaik antar guru. Ini memungkinkan guru untuk belajar satu sama lain dan mengadopsi strategi pengajaran yang efektif dalam kelas.

Guru dapat meningkatkan keterampilan dengan memanfaatkan platform belajar guru. Sehingga  tetap relevan dalam menghadapi perkembangan terkini. Pada gilirannya akan berdampak positif pada kualitas pembelajaran yang diberikan kepada siswa.

Dengan demikian, Implementasi kurikulum linier dengan bidang keahlian, sertifikasi guru, dan peran platform belajar guru adalah beberapa aspek dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan kualitas guru.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url