Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap Menahbiskan 3 Frater Menjadi Diakon Keuskupan Sintang


| Penulis: Deodatus Kolek

Sintang, PuhtirNews.com - Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM.Cap menahbiskan 3 frater menjadi diakon di Seminari Menengah St. Yohanes Maria Vianney Sintang, Kamis (11/05/2023)

Ketiga frater yang ditahbiskan ini ialah Fr. Yohanes Kasra yang berasal dari Paroki Manggala Kabupaten Melawi, Fr. Paus dari Paroki Tempunak Kabupaten Sintang dan Fr. Leonardus Alexader dari Paroki Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. 

Hadir dalam acara ini para imam yang berkarya diKeuskupan Sintang, biarawan-biarawati, para seminaris, tokoh masyarakat, para donatur dan segenap umat.

Dalam khotbah Mgr. Samuel meneguhkan kepada ketiga diakon yang masih berusia muda untuk tidak takut dengan merujuk pada Kitab Yeremia yang menjadi bacaan pada Misa Tahbisan itu. 

“Tidak perlu gentar, sebab yakinTuhan selalu menyertai. Kita mau mewartakan apa yang Tuhan sampaikan kepada kita untuk disampaikan. Tidak perlu takut, tidak ada alasan kita untuk takut.”

Selain itu, Mgr. Samuel juga menekankan untuk tidak mengandalkan diri sendiri dalam mewartakan Tuhan. 

“Karena kita tidak mewartakan dirisendiri. Kita mengandalkan Tuhan, tidak ada yang perlu kita takuti. Kalau kita setia melaksanakan perintah Tuhan, saya yakin Tuhan akan menaruh perkatan-Nya dalam mulut kita. Seperti yang Tuhan katakan kepada Yeremia, “Aku akan menaruh perkataan-Ku dalam mulut-Mu” dan engkau akan mengatakan apa yang Aku kehendaki, bukan apa yang engkau kehendaki sendiri. Bukan apa yang kita senangi sendiri.”


Rektor Seminari Menengah St. Yohanes Maria Vianney Sintang RD. Imanuel Faot yang juga merupakan ketua panitia tahbisan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan terhadap panggilan imam dan dalam acara tahbisan. RD. 

Faot mengundang agar para seminaris mengikuti jejak mereka yang ditahbiskan. Selain itu, orang muda yang merasa terpanggil menjawab panggilan mereka tanpa takut dan ragu untuk membangun Gereja dalam jalan panggilan khusus.

Diakhir Misa Mgr. Samuel menyampaikan tugas perutusan 3 diakon baru. Diakon Yohanes Kasra akan ditugaskan di Paroki Tebidah. Diakon Paus akan ditugaskan di Paroki Dedai. Diakon Leonardus Alexander akan ditugaskan di Paroki Merakai.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url