Bacaanmu Koran Kompas? Membaca Modal Penulis Pemula


“Bacaanmu koran Kompas, Ya?” Tanya seorang dosen.

Pertanyaan dilontarkan kepadaku saat mengikuti salah satu mata kuliah disemester satu. Setiap mahasiswa dipanggil menghadap dosen untuk menerima hasil penilaian dari makalahnya. Ini merupakan nilai makalah pertama yang kami terima.

Tiba gilaranku, sebelum dosen menyerahkan makalahku, ia melontarkan pertanyaan: Bacaanmu koran Kompas ya? sontak pertanyaan itu membuat terkejut dan sedikit takut.

“Ya Pak,” jawabku. Dalam hati deg-degan, apa yang salahnya ya? bisikkudalam hati.

“Ini bagus, jarang saya menemukan mahasiswa tingkat pertama sudah seperti menulis makalahnya,” kata dosen.

Sejak itu dosen tersebut sangat respek dan terus memberiku semangat.

Sebagai penulis pemula, sangat penting membaca bacaan bermutu. Koran yang saya baca adalah koran dengan kredibilitas tinggi dan terpercaya.Koran yang menyuguhkan gaya bahasa berkelas dan memenuhi standar penulisan. Tak heran dosen tersebut bertanya demikian.

Membaca merupakan modal penting. Membaca berarti berkesempatan untuk mempelajari banyak hal dalam konteks menulis tentu yang mula-mula adalah mempelajari gaya penulisan.

Seperti hal yang terjadi di atas, pertama-tama yang dilihat dari sang dosenadalah gaya penulisanku. Namun karena bacaanku merupakan bacaanyang bermutu maka berdampak pada hasil tulisan yang “bermutu” pula.

Koran kompas memang bacaan para pemikir, akademis, dan mereka yang memiliki pengetahuan yang luas. Bersyukur saya sejak duduk dibangku Sekolah Dasar diberi asupan bacaan sekelas koran Kompas.

Masa SD memang saya habiskan bersama om yang memang “gila” baca. Koran Kompas menjadi sajian menu wajib setiap hari. Tak hanya“memaksaku” membaca tetapi juga setelah membaca diajak diskusi yang mempertajam pemahamanku. Saat itu hal menjadi sangat berat apalagi masih anak-anak mau bermain.

Namun kini, itu bukanlah penyesalan sebaliknya modal yang tak ternilai. Modal sebagai penulis setidaknya gaya penulisan jadi lebih baik.

Penulis pemula harus membaca untuk mengamati dan mempelajari gaya penulisan yang baik. Walaupun bacaan itu sekadar koran. Selamat membaca dan meningkat gaya tulisan Anda.

***

Sumber gambar: interaktif.kompas.id

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url